Cari Artikel ??

Solusi Menghilangkan Stres yang Dapat Dilakukan di Tempat Kerja


 Stres tidak hanya akan memeperburuk kondisi pada mental kamu bro, tapi stres juga dapat memperburuk kesehatan fisik kamu juga. Kalo tidak ditangani dengan segera, stres akan menimbulkan kondisi yang buruk yang tidak kamu pernah bayangkan sebelumnya. Makanya alangkah lebih baik anda menangani stres anda sedini mungkin. Sementara praktek seperti senam dan olahraga adalah salah satu strategi jangka panjang yang baik untuk menghilangkan stres, ada saat-saat di mana Anda perlu bantuan cepat untuk menghilangkan stres. Kali ini saya hanya akan memberikan tip-tip untuk mengurangi tingkat stres anda di meja kerja. Karena mungkin anda tidak punya waktu yang cukup untuk melakukan suatu kegiatan yang anda percayai bisa menurunkan kadar stres anda karena saking sibuknya.

Berikut adalah 5 cara ampuh untuk menghilangkan stres yang dapat dilakukan di meja kerja Anda:

1. Relaksasi otot yang progresif

Stres dapat menyebabkan otot tertentu di tubuh Anda tegang. Seiring berjalannya waktu, Anda mungkin menjadi begitu terbiasa dengan ketegangan tersebut sehingga Anda berhenti menyadari bahwa otot-otot Anda sedang tegang. Sakit otot – terutama di leher dan bahu – dapat berasal dari ketegangan kronis. Relaksasi otot progresif melepaskan ketegangan itu.

Fokus pada memperlahan ketegangan dan kemudian santaikan otot-otot Anda, satu saat pada suatu waktu. Mulailah dengan jari-jari kaki sampai ke leher Anda. Dengan latihan, Anda akan meningkatkan kesadaran Anda ketika otot Anda sedang tegang dan Anda akan belajar untuk melepaskan ketegangan itu.

2. Visualisasi

Bila Anda tidak bisa secara fisik pergi ke ‘tempat yang Anda senangi,’ liburan mental yang cepat dapat melakukan keajaiban untuk menghilangkan stres Anda. Visualisasi-kan salah satu adegan yang paling santai yang dapat Anda bayangkan – pantai, puncak gunung, kursi favorit Anda di ruang tamu, atau tempat lain yang Anda sukai.

Tutup mata Anda dan habiskan beberapa menit untuk membayangkan Anda berada di sana. Libatkan sebanyak mungkin indera yang Anda bisa, dengan berpikir tentang apa yang Anda lihat, dengar, bau, sentuh, dan rasakan seperti Anda benar-benar menikmati adegan yang santai tersebut. Liburan mental yang cepat dapat menenangkan pikiran dan tubuh.

3. Bernapas yang dalam

Anda mungkin tidak banyak memperhatikan pernapasan Anda. Lagipula, Anda melakukannya sepanjang hari dan itu benar-benar otomatis. Tapi, mencoba lebih memperhatikan pernapasan Anda, dan melakukan beberapa latihan pernapasan dapat menghasilkan respon relaksasi yang alami. Bernapas yang dalam begitu efektif sampai-sampai The American Institute of Stress bahkan menamakannya ‘teknik pengurangan stres terbaik‘ dari semuanya.

Bernapas yang dalam meningkatkan banyaknya oksigen yang masuk ke otak dan membantu meningkatkan ketenangan Anda. Selain itu, teknik pernapasan membantu Anda dalam berfokus pada tubuh Anda, yang dapat menenangkan pikiran Anda. Meskipun ada berbagai teknik pernapasan – beberapa menggabungkan pernapasan dengan visualisasi – mengambil napas secara perlahan, napas dalam-dalam ke perut dapat memberikan bantuan untuk menghilangkan stres sesegera mungkin.

4. Libatkan indera anda

Melibatkan indera Anda adalah cara lain untuk memfokuskan kembali perhatian Anda dan membantu Anda untuk melepaskan kekhawatiran. Kuncinya adalah untuk mengetahui indra mana yang paling membantu bagi Anda untuk dilibatkan. Sementara beberapa orang berpendapat mendengarkan musik menenangkan pikiran mereka, orang lain dapat menghilangkan stres dengan maksimal saat melihat foto keluarga.

Bereksperimenlah dengan berbagai kegiatan yang melibatkan indera Anda. Masukan lotion wangi di tangan Anda, berikan diri Anda pijatan tangan cepat, makan sebuah permen favorit Anda, atau memeras bola stres. Dengan latihan, Anda akan belajar untuk mengenali jenis kegiatan sensorik mana yang disediakan oleh diri Anda sebagai cara paling ampuh untuk menghilangkan stres.

5. Tertawa

Memang benar apa yang mereka katakan – tertawa sungguh-sungguh adalah obat terbaik. Sebuah tawa hangat merangsang sirkulasi dan menenangkan ketegangan, yang dapat mengurangi beberapa gejala fisik stres. Tertawa juga meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak dan menghasilkan perasaan santai.

Kelilingi diri Anda dengan beberapa barang yang dapat menyebabkan Anda tertawa geli. Menyimpan folder diisi dengan kartun lucu, foto lucu, atau lelucon konyol. Berbicara dengan rekan kerja dengan rasa hangat humor atau berbagi cerita lucu. Bersedia untuk menertawakan diri Anda sendiri kadang-kadang juga dapat berfungsi sebagai pengingat yang baik untuk tidak mengambil hidup terlalu serius, yang dapat melakukan keajaiban pada tingkat stres Anda.

 

Practice Makes Perfect


Latihan relaksasi membutuhkan latihan, jadi jangan segera menyerah jika Anda tidak melihat hasilnya langsung. Berlatih relaksasi secara teratur dapat melatih otak dan tubuh Anda untuk bereaksi terhadap stres dengan cara berbeda. Seiring waktu, Anda akan belajar dengan cepat meringankan stres Anda sehingga Anda dapat menghilangkan stres yang menghambat kinerja Anda.


Sumber: 5 Powerful Stress Relievers You Can Do At Your Desk
Semoga bermanfaat buat kamu bro
Terimakasih

0 Response to "Solusi Menghilangkan Stres yang Dapat Dilakukan di Tempat Kerja"

Post a Comment

IKLAN GOOGLE